Selasa, 21 Agustus 2012

HARI RAYA IDUL FITRI

TAKBIRAN Takbiran sering diidentikan dengan malam perayaan idul fitri/idul adha yaitu dengan mengucap kalimat TAKBIR "Allohu Akbar" secara bersama sama. Aktifitas ini biasanya dilakukan dengan melakukan pawai di jalanan sambil membawa bedug dan obor. seringkali aktifitas ini dilakukan oleh anak anak, remaja, dan orang dewasa.
OPOR AYAM Saat hari raya idul fitri tiba biasanya umat islam merayakan kemenangan ibadah puasanya dengan menikmati masakan yang wajib ada di setiap lebaran yaitu opor ayam. Opor ayam biasanya dihidangkan pada saat setelah melaksanakan sholat ied, cocok diamakan dengan menggunakan ketupat, sambal kacang, dan kerupuk. Makanan ini selalu ada disetiap lebaran jadi tak jarang apabila kita bersilaturahmi ke tetangga tak disuguhi opor ayam dan ketupat tersebut.
SILATURAHMI Silaturahmi sudah menjadi tradisi orang muslim. Apalagi pada saat lebaran tiba, banyak orang yeng merantau pulang ke kampung halaman hanya untuk merayakan hari raya idul fitri bersama keluarga besar. Bersilaturahmi kepada orang tua, guru, kerabat, teman lama dll merupakan tradisi yang harus atau bahkan selalu ada si setiap lebaran tiba. Tradisi ini bertujuan untuk emengkokohkan tali silaturahmi/persaudaraan. Melaksanakan silaturahmi merupakan ibadah jika dilakukan dengan benar dan cara yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar